Keputihan

Deskripsi
Keputihan (leukore/flour albus) merupakan cairan dari liang kemaluan (vagina) yang keluar berlebihan. Keputihan biasanya disertai rasa gatal di sekitar selangkangan. Bila cairan yang keluar jernih, berlendir banyak namun tidak berbau maka hal ini merupakan sesuatu yang normal terjadi saat seorang wanita menjelang menstruasi, kelebihan hormon estrogen dan stress. Keputihan seperti ini juga sering dijumpai pada wanita hamil.

Gejala
Gejala keputihan bisa diamati dari sifat sifat cairan yang keluar saat keputihan berlangsung. Sumber cairan sendiri bisa berasal dari vagina, cairan leher rahim, cairan uterus, dan cairan yang berasal dari tuba falopii.

Cairan yang berasal dari leher rahim (serviks) biasanya seperti susu kental, lengket, sangat banyak dengan bau yang tidak begitu mencolok. Bila cairan berwarna coklat, kemungkinan terjadi gangguan pembuluh darah serviks. Sedangkan cairan yang berasal dari ulkus vagina biasanya berwarna abu abu dengan garis darah, encer seperti air, sangat banyak dan berbau busuk. Jika cairan yang keluar berwarna merah muda, cair, sangat banyak tetapi tidak berbau maka kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri non spesifik. Gejala ini juga timbul saat seorang wanita kelebihan hormon estrogen.

Sedangkan yang berasal dari jamur biasanya cairan yang keluar putih, encer berbintik bintik banyak, berbau apek disertai dengan nyeri saat buang air kecil serta gatal di sekitar kemaluan. Bila cairan berwarna kuning kehijauan, berbusa, merah, sangat banyak, gatal, berbau busuk dan ditemukan nyeri tekan pada sekitar kemaluan serta kemerahan pada vagina, maka kemungkinan telah terjadi infeksi yang disebabkan kuman protozoa Trichomonas vaginalis.Bila cairan yang keluar berwarna kuning, kental, sangat banyak, terasa panas dan gatal pada kemaluan, nyeri tekan pada daerah sekitar kemaluan, nyeri saat buang air kecil, kemungkinan disebabkan Nisseria Gonorrhoe.

Pencegahan
Keputihan dapat dicegah, salah satunya, dengan membersihkan secara rutin vagina. Namun jika keputihan terus berlanjut dan terdapat gejala-gejala seperti di atas, dianjurkan untuk ke dokter kelamin.

sumber : detik.com

baca juga : SOLUSI KEPUTIHAN

2 responses to “Keputihan

  1. Saya wanita berusia 19 tahun,saya ingin berkonsultasi masalah kewanitaan,baru-baru ini saya mengalami keputihan yg berbau tidak enak,gatal-gatal serta bewarna kuning kehijau-hijauan,.apakah itu termasuk ciri-ciri kanker serviks

    • Salam,
      Mohon maaf ya dikarenakan kesibukan maka komentar yang baru dibalas harap dimaklumi🙂
      Sebelumnya yg harus di garisbawahi disini bahwa saya BUKAN seorang dokter. Biar tidak salah faham karena saya juga tidak berkompeten secara ilmiah dalam bidang medis kedokteran.
      Segala informasi tentang blog ini bisa anda baca disini.

      Jadi, untuk ibu Titin silakan berkonsultasi langsung dengan dokter SPKK atau SPD. Supaya dapat diberikan jawaban yang benar sesuai permasalahan yang dihadapi dan mendapatkan solusi yang tepat.

      Untuk mengobati keputihan bisa memakai produk herbal kami, TDM (tissue Double Manjakani). keterangan lebih lanjut dapat dibaca disini.

      Untuk pertanyaan dan konfirmasi pemesanan bisa SMS ke 082124526312.

      Terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s