5. Uricaria Gambir

Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan bernama sama (Uricaria gambir Roxb.). Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan pada menyirih. Kegunaan yang lebih penting adalah sebagai bahan penyamak kulit dan pewarna. Gambir juga mengandung katekin (catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, dan menggunakannya sebagai bahan campuran menyirih.

Kegunaan

Kegunaan utama adalah sebagai komponen menyirih, yang sudah dikenal masyarakat kepulauan Nusantara, dari Sumatra hingga Papua sejak paling tidak 2500 tahun yang lalu. Diketahui, gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses di perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan); penyamak kulit; dan bahan pewarna tekstil.

Fungsi yang tengah dikembangkan juga adalah sebagai perekat kayu lapis atau papan partikel. Produk ini masih harus bersaing dengan sumber perekat kayu lain, seperti kulit kayu Acacia mearnsii, kayu Schinopsis balansa, serta kulit polong Caesalpinia spinosa yang dihasilkan negara lain.

Kandungan

Kandungan yang utama dan juga dikandung oleh banyak anggota Uncaria lainnya adalah flavonoid (terutama gambiriin), katekin (sampai 51%), zat penyamak (22-50%), serta sejumlah alkaloid (seperti gambirtannin dan turunan dihidro- dan okso-nya.[2] Selain itu gambir dijadikan obat-obatan modern yang diproduksi negara jerman, dan juga sebagai pewarna cat, pakaian.

Gambir ini ternyata dapat bertindak seperti obat bius dan dapat menahan rasa sakit antara 2 hingga 6 jam bergantung kepada jumlah yang dipakai.
Selain untuk pengobatan, gambir juga kerap dijadikan campuran untuk menyirih atau dalam bahasa setempat “menginang”. Campuran daun sirih, gambir, sedikit kapur dan sedikit buah pinang, menjadikan prosesi menyirih atau menginang dapat memberikan efek segar dan tenang bagi pemakainya. Selain itu, campuran ini terbukti dapat memperkuat gigi dan menghindarkan dari penyakit mulut dan gusi seperti sariawan dan gusi bengkak.

Kembali ke khasiat gambir sarawak, ternyata obat yang diambil dari getah pohon gambir ini juga mampu memberikan efek “tahan lama” bagi pria saat berhubungan badan. Bagi masyarakat Sarawak, khasiat gambir ini lebih ampuh daripada obat kuat produk barat sekelas Viagra sekalipun.

sumber : http://zonaaneh.blogspot.com/2011/01/kekuatan-gambir-serawak-obat-tahan-seks.html#ixzz1G69SFGF9


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s