Waspadai Bercak Darah Saat Bukan Menstruasi

Perempuan kadang mengalami spotting (bercak) darah walaupun bukan sedang mengalami menstruasi dan seringkali diabaikan. Padahal spotting bisa jadi salah satu gejala adanya kanker rahim.

Ada beberapa kondisi yang diketahui bisa menyebabkan spotting. Bercak darah yang muncul sebaiknya tidak diabaikan karena bisa jadi hal tersebut merupakan suatu gejala dari penyakit atau kondisi yang ada di tubuh.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami bercak darah, seperti dikutip dari Mayo Clinic, Selasa (29/3/2011) yaitu:

Pengaruh dari pil kontrasepsi
Spotting atau bercak darah yang terjadi akibat pil kontrasepsi biasanya terjadi setelah melakukan latihan berat. American Family Physician menuturkan perempuan akan mengalami bercak ringan selama 3-4 bulan pertama setelah ia mulai mengonsumsi pil kontrasepsi.

Kelupaan minum pil kontrasepsi dan merokok akan meningkatkan kemungkinan terjadinya bercak. Jika bercak ini terjadi selama tiga siklus berturut-turut setelah menggunakan kontrasepsi oral, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar bisa memberikan jenis pil berbeda atau mengatur kembali dosisnya.

Fibroid di rahim
Kondisi ini disebut juga dengan fibromyomas yaitu pertumbuhan benjolan atau tumor jinak di dalam rahim. Seseorang akan lebih mungkin memiliki fibroid di rahim jika ada anggota keluarga yang memilikinya.

Selain menyebabkan bercak, fibroid juga bisa menyebabkan menstruasi hebat, waktu menstruasi yang lama, ketidaknyamanan atau adanya tekanan pada panggul, sering pipis, sulit mengosongkan kandung kemih dan nyeri di punggung.

Jika timbul nyeri panggul parah yang terjadi secara tiba-tiba maka konsultasikan dengan dokter. Fibroid biasanya diatasi melalui operasi pengangkatan (myomectomy) atau perawatan dengan obat-obatan seperti androgen.

Penyakit inflamasi panggul
Penyakit ini meliputi penyakit radang panggul, infeksi bakteri pada dinding rahim, saluran tuba atau indung telur. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh klamidia dan gonore yang tertular melalui aktivitas seksual.

Gejala lainnya yang timbul adalah demam yang bisa datang dan hilang, rasa sakit dan nyeri di panggul, perut bagian bawah dan punggung bawah serta keputihan yang abnormal. Kondisi ini biasanya didiagnosis melalui tes darah dan ditangani menggunakan antibiotik.

Kanker endometrial (kanker rahim)
Penyakit ini mempengaruhi sel-sel di endometrium atau lapisan rahim. Selain bercak antara waktu menstruasi, gejala lainnya yang timbul adalah keluar cairan abnormal, nyeri panggul dan hubungan seksual yang menyakitkan.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan panggul dan biopsi untuk mendiagnosis kanker rahim. Penyakit ini bisa diobati dengan melakukan operasi pengangkatan rahim (histerektomi), kemoterapi dan radiasi.

Infeksi klamidia
Klamidia adalah infeksi bakteri menular seksual yang umum dan bisa menyerang vagina, leher rahim, dubur, saluran kencing, mata atau tenggorokan. Bakteri ini ditularkan melalui seks oral, vagina atau anus.

Beberapa perempuan kadang tidak tahu kalau dirinya memiliki infeksi, tapi kondisi ini biasanya ditandai juga dengan perubahan warna atau tekstur cairan vagina, perdarahan atau bercak (spotting) yang tidak teratur.

sumber : detikHealth.com

19 responses to “Waspadai Bercak Darah Saat Bukan Menstruasi

  1. Saya mau tanya , saya seorg ibu rumah tangga, yg mengguankan kb suntik srlama 1 tahun, bulan uni dan bulan semalam saya tdk menggunakan kb , bulan kemarin normal aja halangannya, biasanya bulan kemarin saya dpt tgl 14 dan bulan 10 ini saya 3 x halangan, pertama tgl 3 sampai tgl 6 kemudian tgl 13smpai 16 dan semalam dari tgl 27 halangan lgi sampai sekarang, namun halangananya cuma pagi doank bercak coklat sikit, apakah itu hamil atau penyakit, mohon infonya ya

  2. harus sangat berhati hati ya, sebagai wnita, kita harus memahami hal ini karena sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi apa apa kelak, terimakasih

  3. asalmunglkum..dok maaf nama saya ningsh umur 21 th,dok saya di fonis kena kista dgn ukuran 775,sering saya merasakan sakit bahkan sampe ke pinggul..yang saya khawatirkan kenapa dalam waktu tertentu vagina saya keluar darah.apakah kista saya ini jinak apa ganas..mohon penjelasanya y dok sebelumya terimakasih

  4. Saya perempuan berumur 28 thn, sy pake kb suntik yg 3 bulan, sejak datang bulan gak lancar dan berlangsung belasan hari, tak biasanya biasa paling lama 7-10 hr, yg jadi masalah, sampai waktu biasanya suci gak bersih, dan kalo senggama keluar bercak darah, apakah ini masih darah haid atau penyakit, mohon penjelasan dan solusi? Trimakasih

  5. kenapa saya sering mengeluarkan darah sediki sedikit haig sudah selesai 2 minggu yang lalu

  6. Nama saya mei,,,,
    Saya sudah 4 hari ini keluar darah hitam seperti tepung tidak cair dan tidah kering…
    Kenapa ya?

  7. malam :) saya mau bertanya saya bulan ini haid 8hari lamanya tapi 3hari setelah haid selesai tibatiba keluar darah lagi berwarna merah segar ? apa maksudnya ? terimakasih

  8. Sya mw tny jga… Sya uda 2 minggu flek an… 2 hari pertma flek trs datang agak byk darah hitam spt mens trs bsk ms mayan byk… Trs ampe 1 minggu. Flek ja.. Malam ga da ato dikit .. Kalau siang mayan byk… Itu knpa Ɣªª??? Mohon pencerahan nya

  9. Selamat siang. Saya ingin bertanya. Bulan ini saya haid selama 10 hari padahal biasanya cuma 7-8 hari dan tidak biasanya darah haid berupa gumpalan dan berwarna hitam. Setelah 6 hari tiba2 keluar lagi darah tapi hanya sedikit dan berwarna hitam. Sudah 2 hari ini tapi saya diamkan karena saya kira itu biasa. Apa ini ada kaitan dengan penyakit?

  10. selamat sore..

    saya ingin menanyakan, beberapa hari ini ada darah yang keluar dari Ms.v saya tetapi dengan kapasitas yang sedikit, darah ini keluar setiap kali saya habis keramas, tetapi besoknya ketika saya tidak keramas, darahnya tidak keluar.. sedangkan kalau memang seharusnya, jadwal mens saya skitar tanggal 26″an.. kira-kira ada masalah apa ya dok..

    terima kasih,

  11. quetion:

    sy mau bertanya ,apa yang menjadi penyebab jika dalam berhubungan intim sering keluar darah padahal tidak sedang dalam masa menstruasi?

  12. Selamat sore, mau nanya nih, kalo pengaruh alat kontrasepsi IUD pada siklus menstruasi ada nggak sih?
    kok saya setelah melahirkan mens nya belum teratur siklusnya,
    terima ksh

  13. Junita adenta aigraini

    Saya ibu denta , saya pernah mengalami bercak darah pada selepas haid .
    Dan saya juga pernah melakukan seksual pada saat baru selesai datang haid .
    Apakah berbahaya buat rahim saya ?
    Maaf ya saya banyak tanyak .
    Tolong segera jawab ya

  14. saya mengalami sakit perut di daerah rahim ..

    pas saya berobat ke dokter kandungan saya di vonis dokter radang dinding rahim ..
    tapi tdk keputihan bernanah ..apaLagi panas tinggi ..cuma saya kesakitan aja ..
    apa emang benar yg di vonis dokter itu ??saya sampai USG 2 kaLi .
    awaL nya di kira dokter saya hamiL .karna rahim nya terbuka .
    pas test urin ternyata saya tdk hamiL ??
    apa yg harus saya Lakukan yaa supaya cepat menyembuhkan penyakit ini ??
    apa penyakit ini membahayakan ??apa saya bisa hamiL ??oh iya apa penyebab dari radang dinding rahim itu ??maaf yaa saya banyak tanya :)
    soaL nya saya Lupa mau tanya sama dokter krna syok mendengar saya di vonis penyakit radang dinding rahim ..

    • Salam Ibu Cindy,
      Mohon maaf ya dikarenakan kesibukan maka komentar yang baru dibalas harap dimaklumi :)
      Sebelumnya yg harus di garisbawahi disini bahwa saya BUKAN seorang dokter. Biar tidak salah faham karena saya juga tidak berkompeten secara ilmiah dalam bidang medis kedokteran.
      Segala informasi tentang blog ini bisa anda baca disini.

      Untuk mengobati keputihan bisa memakai produk herbal kami, TDM (tissue Double Manjakani). keterangan lebih lanjut dapat dibaca disini.

      Untuk pertanyaan dan konfirmasi pemesanan bisa SMS ke 082124526312.

      Saran saya, ibu jangan panik dulu karena kondisi psikis juga memengaruhi kondisi fisik. Men sana in corpore sano bu :). Sebaiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu mengenai permasalahan ibu dengan dokter Spesialis Kandungan. Supaya mendapatkan solusi terbaik. Karena berhubungan dengan organ reproduksi jadi memang harus ada penanganan segera, apalagi dalam keadaan ibu menginginkan kehamilan. Yang tenang ya bu, sambil banyak2 berdoa semoga tidak terjadi sesuatu yang tidak diiinginkan :)

      Terima kasih :)

  15. saya belum menikah,,, tapi sering muncul bercak setelah 1 sampai 2 minggu setelah mens???bagaimana dengan itu?

    • Salam Ibu Astutik Cahyani,
      Mohon maaf ya dikarenakan kesibukan maka komentar yang baru dibalas harap dimaklumi :)
      Sebelumnya yg harus di garisbawahi disini bahwa saya BUKAN seorang dokter. Biar tidak salah faham karena saya juga tidak berkompeten secara ilmiah dalam bidang medis kedokteran.
      Segala informasi tentang blog ini bisa anda baca disini.

      Untuk mengobati keputihan bisa memakai produk herbal kami, TDM (tissue Double Manjakani). keterangan lebih lanjut dapat dibaca disini.

      Untuk pertanyaan dan konfirmasi pemesanan bisa SMS ke 082124526312.

      Terima kasih :)

  16. keluar cairan berwarna coklat, seperti saat akn menstruasi, tetapi itu lbih dri 3hari, dan tidak berbau darah menstruasi?!?!?

    • Salam Ibu Dewie,
      Mohon maaf ya dikarenakan kesibukan maka komentar yang baru dibalas harap dimaklumi :)
      Sebelumnya yg harus di garisbawahi disini bahwa saya BUKAN seorang dokter. Biar tidak salah faham karena saya juga tidak berkompeten secara ilmiah dalam bidang medis kedokteran.
      Segala informasi tentang blog ini bisa anda baca disini.

      Penjelasan mengenai keputihan bisa dibaca disini.

      Untuk mengobati keputihan bisa memakai produk herbal kami, TDM (tissue Double Manjakani). keterangan lebih lanjut dapat dibaca disini.

      Untuk pertanyaan dan konfirmasi pemesanan bisa SMS ke 082124526312.

      Terima kasih :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s